Berita Pilihan :
Sabtu, 06 April 2013 00:55 Dibaca : 841   Komentar :
conocophillips Area. Foto: kampungmelayu.wordpress.com
Jakarta, MAJALAH SELANGKAH -- Perusahan migas, Perushan energi terbesar ketiga di Amerika Serikat, ConocoPhilips, masih memiliki komitmen tinggi untuk melaksanakan kegiatan eksplorasi. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berencana memperpanjang masa eksplorasi di Blok Warim, Papua bagian Timur, yang berbatasan dengan Negara Papua Nugini. Kontrak bagi hasil untuk Blok Warim ditandatangani pada 1987.

Terkait hal itu, awal tahun ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, menyetujui penggantian waktu eksplorasi yang hilang selama 15 tahun. Saat ini amandeman penggantian waktu itu  memasuki tahap akhir, sehingga Conocophilips bisa segera melaksanakan survei seismik.

Sementara, beberapa media online memberitakan, perusahaan Migas multinasional ini masih memiliki sejumlah masalah terkait Undang-Undang ketenagakerjaan, seperti yang dialami oleh para karyawan ConocoPhilips, cabang Kabupaten Anabas.

Diketahui, perusahan pengilang terbesar keempat di dunia  ini  termasuk dalam daftar sembilan perusahaan asing yang menolak membayar dana Pasca Tambang, padahal dana ini diperlukan untuk merestorasi area tambang agar kembali  seperti semula.

Perusahaan asing yang menolak membayar dana Pasca
Tambang adalah Chevron Indonesia yang mengelola West Pasir Kalimantan Timur (Kaltim) dan Chevron Pasific Indonesia (CPI) Kuantan yang mengelola Blok Kuantan. Lalu CPI Siak yang mengelola Blok Siak dan Conocophillips yang mengelola Natuna Blok B.

Ada pula Exxonmobil B yang mengelola Blok B Aceh, Exxonmobil NSO yang mengelola Nort Sumatera Offhore. Selain itu, ada juga Inpex Attaka yang mengelola Blok Attaka Kaltim, Joa-Conocophillips South Jambi yang mengelola Blok South Jambi, dan Mobil Cepu Ltd yang mengoperasi Blok Cepu, Jawa Timur.

Conocophilips adalah perusahan pengilang terbesar kedua di Amerika Serikat dan beroperasi pada lebih dari 40 negara. Conocophilips bermarkas di Houston, Texas.

ConocoPhillips terkenal di seluruh dunia dengan keahlian teknologi di bidang eksplorasi dan produksi di laut dalam eksploitasi dan manajemen reservoir, teknologi seismik 3-D, petroleum coke upgrading kelas tinggi dan sulfur removal.

Perusahaan ini memunyai 4 aktivitas utama di seluruh dunia (1) Eksplorasi dan produksi minyak bumi, pengilangan; (2) Pemasaran, suplai dan transportasi minyak bumi; (3) Pengumpulan, pengolahan dan pemasaran gas alam, termasuk 50% saham di Duke Energy Field Services, LLC; dan (4)Produksi dan distribusi bahan kimia dan plastik melalui 50% saham di Chevron Phillips Chemical Company LLC. (Herry Tebay/MS)

Tentang ConocoPhilips: KLIK

 

WAJIB BACAx
[x] close